tugas 2 Metode Penelitian





SISTEM INFORMASI PENJUALAN ARLOJI BERBASIS WEB PADA CV. SINAR TERANG SEMARANG

Dosen Pengampu : Ibnu Sani Wijaya S.Kom M.S.I



Nama :

Alya Triandiani Eshamsye
8040170243


Kelas : 07PS5


STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI
2019



BAB I

PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Dalam memasuki dunia globalisasi, manusia mengenal teknologi yang semakin maju untuk mempermudah melakukan berbagai kegiatan dalam kehidupan. Kemajuan di bidang transportasi, komunikasi, kesehatan, pendidikan, dan bidang lainnya merupakan contohcontoh bahwa manusia semakin memerlukan teknologi dalam kehidupan ini. Saat ini dunia telah mengenal suatu teknologi yang disebut dengan internet. Dengan internet semua orang dapat berkomunikasi dengan orang lain yang berada di berbagai belahan dunia. Melalui internet, setiap orang dapat memperoleh dan menyampaikan berbagai informasi yang dibutuhkan kapan saja dan dimana saja. Kini dengan hadirnya internet, manusia dapat melakukan bisnis lebih mudah. CV.Sinar Terang merupakan sebuah toko yang melayani penjualan arloji dan beberapa bentuk jam lainnya serta untuk pelayanan perbaikannya. Dalam melakukan kegiatannya, CV.Sinar Terang masih menggunakan media penyampaian informasi yang sederhana sehingga untuk pemasaran produk dan layanannya masih belum maksimal. Dengan masalah yang dihadapi oleh CV.Sinar Terang, maka dibutuhkan sebuah sistem informasi berbasis web, hal ini sangatlah penting karena dengan adanya sebuah sistem ini akan dapat membantu kendala yang ada. Pelanggan akan dapat mengakses informasi yang dibutuhkan kapan saja dan dimana saja. Dengan demikian CV.Sinar Terang dapat memperluas jangkauan pemasaran tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan biaya.
Dalam penelitian ini akan dibuat suatu sistem informasi penjualan arloji berbasis web pada CV.Sinar Terang – Semarang dengan menggunakan sofware pendukung Macromedia Dreamweaver sebagai editor, bahasa pemrogaraman PHP 5 dan databasenya menggunakan MySQL.


1.2  Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas, dapat dirumuskan suatu masalah, yaitu bagaimana cara membangun sebuah sistem informasi penjualan arloji berbasis web pada CV.Sinar TerangSemarang. 1.3 Batasan Masalah Adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Sistem Informasi disini digunakan untuk media pemasaran produk-produk arloji beserta pelayanannya. 2. Sistem informasi ini memiliki layanan atau fasilitas yang disediakan berupa FAQ (Frequently Ask Question), fasilitas chatting antara sesama user, layanan pemesanan online, dan juga ada menu untuk menampilkan informasi terbaru agar user dapat mengetahui informasi tersebut dengan mudah. 3. Sistem informasi produk dan layanan berbasis web tersebut dirancang dengan menggunakan perangkat lunak sebagai berikut: Sistem Operasi Windows XP, Microsoft Word, Macromedia Dreamweaver, PHP, dan MySQL.

1.3  Batasan Masalah
Adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Sistem Informasi disini digunakan untuk media pemasaran produk-produk arloji beserta pelayanannya. 2. Sistem informasi ini memiliki layanan atau fasilitas yang disediakan berupa FAQ (Frequently Ask Question), fasilitas chatting antara sesama user, layanan pemesanan online, dan juga ada menu untuk menampilkan informasi terbaru agar user dapat mengetahui informasi tersebut dengan mudah. 3. Sistem informasi produk dan layanan berbasis web tersebut dirancang dengan menggunakan perangkat lunak sebagai berikut: Sistem Operasi Windows XP, Microsoft Word, Macromedia Dreamweaver, PHP, dan MySQL.

1.4  Tujuan penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sistem informasi penjualan arloji berbasis web pada CV.Sinar Terang-Semarang.

1.5  Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini bagi CV.Sinar Terang diantaranya adalah memperluas jaringan promosi, meningkatkan pelayanan terhadap user, mepermudah dan mempercepat transaksi antara pihak CV.Sianr Terang dengan user.




Comments

Popular posts from this blog

REVIEW Cultusia Creambath Strawberry

REVIEW Wardah Hydrating Aloe Vera Gel Moisturizer

HAUL : Benton skincare (mini size) Indonesia